Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Oligarki Punya Peran Besar dalam Politik Indonesia? Refly Harun Menduga 3 Bakal Capres Ini Bakal Tunduk, Kecuali...

 


Pakar Hukum Tata Negara Refly Harun mengungkapkan soal dugaan terhadap tiga tokoh yang puncaki elektabilitas yaitu Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan akan tunduk pada oligarki. 


Hal itu diungkapkan Refly Harun melalui tayangan di channel YouTube pribadi miliknya. Dalam tayangan itu, Refly Harun mengatakan sistem politik Indonesia dibangun oleh oligarki. 


Refly Harun juga menegaskan bahwa pengaruh oligarki terkait sulitnya memiliki pilihan yang mewah.


"Sometimes kita tidak bisa punya pilihan yang mewah. Karena sistem politik kita dibangun oleh oligarki," ungkap Refly Harun dikutip NewsWorthy dari tayangan di channel YouTube pribadi miliknya, Kamis (29/12).


Menurut lulusan Universitas Gadjah Mada (UGM) ini, siapapun yang berusaha masuk ke lingkaran kekuasaan terpaksa harus bernegosiasi dengan oligarki.


"Karena itu, siapapun yang masuk dalam lingkaran itu akan menjadi ada kecenderungan akan menjadi orang yang terpaksa harus bernegosiasi dengan oligarki," papar Refly Harun.


Kendati demikian, ada satu hal menurut Refly Harun yang bisa menunjukkan seseorang tunduk pada oligarki atau tidak yaitu melalui rekam jejak ketika memimpin. 


"Track record akan membuktikan apakah ketika Anda memerintah, Anda takluk pada oligarki atau justru oligarki yang menyesuaikan diri kepada Anda," pungkasnya.


Sumber Berita / Artikel Asli : NW Wartaekonomi

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - GentaPos.com | All Right Reserved