Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Biaya Haji 2023 Dipastikan Naik, Tanggungan Jemaah Maksimal Rp50 Juta




 Biaya haji 2023 tetap naik. Meski ditekan, angkanya di kisaran Rp50 juta.


Biaya perjalanan ibadah haji (Bipih) atau ongkos haji yang ditanggung jemaah ini pun sebetulnya turun. Semula Kemenag mengusulkan Bipih sebesar Rp69 jutaan.


Dalam rapat panitia kerja (Panja) sampai tadi malam, besaran Bipih berhasil ditekan sampai Rp49,8 jutaan. Sejumlah pos anggaran dicoret untuk efisiensi.


Pada usulan awal, setiap calon jemaah haji (CJH) harus menyiapkan dana sekitar Rp44 juta untuk pelunasan. Pasalnya mereka sudah setor Rp 25 juta saat mendaftar haji. Dengan besaran ongkos haji yang terbaru, jemaah cukup menyiapkan uang pelunasan sekitar Rp 25 juta.


Total ongkos haji yang ditanggung jemaah diusulkan Rp49,8 juta atau maksimal Rp50 juta.


Sedianya keputusan biaya haji 2023 ditetapkan Komisi VIII DPR dan Menag Yaqut Cholil Qoumas tadi malam.


Ternyata rapat panja Komisi VIII dengan Kemenag, BPKH, dan maskapai tidak selesai tepat waktu.


"Malam ini (biaya haji) akan disimpulkan di tingkat Panja. Kemungkinan disimpulkan besok (hari ini) bersama Menag," kata Anggota Komisi VIII DPR Yandri Susanto.


Pembahasan di tingkat Panja berjalan lama karena beberapa sebab. Di antaranya banyaknya poin anggaran yang dipersoalkan dan akhirnya dicoret.


Politisi PAN itu mengatakan pembahasan di panja butuh waktu karena banyak perdebatan untuk efisiensi atau penghematan biaya haji.


Soal besaran Bipih Rp49 jutaan, Yandri tidak menampiknya. "Nanti diumumkan secara resmi. Tapi pasti (Bipih) di bawah Rp 50 juta," katanya.


Yandri menegaskan, di tingkat Panja, persentase Bipih ditetapkan sedikit lebih tinggi di atas persentase subsidi atau nilai manfaat.


Pertimbangannya untuk menjaga aspek istitoah atau kemampuan jemaah menjalankan rukun Islam kelima itu. Selain itu juga untuk menjaga keberlanjutan pengelolaan dana haji di BPKH.



Sumber Berita / Artikel Asli: Fajar 

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - GentaPos.com | All Right Reserved