Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Tak Main-Main, NasDem Bakal Jadi Musuh Kalau Menterinya Dicopot Jokowi?


 Isu reshuffle kabinet pemerintahan Presiden Joko Widodo kembali memanas. Beredar dugaan kalau Jokowi bakal mengocok ulang daftar kabinetnya dan mengganti menteri dari Partai Nasional Demokrat (NasDem).


Lantas apa yang akan dilakukan NasDem?

Wacana ini dilihat pengamat politik yaitu Direktur Eksekutif Indonesia Political Institute Karyono Wibowo yang menilai NasDem akan berubah haluan begitu menterinya dicopot.


Karyono menilai, Surya Paloh tidak akan diam dengan menjadi oposisi pemerintah mengikuti jejak PKS dan Partai Demokrat.


"Tentu saja, NasDem akan berubah menjadi partai oposisi terhadap pemerintah," kata Karyono dikutip Wartaekonomi.co.id --jaringan Suara.com, Senin (26/12/2022).


Kalaupun benar NasDem menjadi oposisi, maka perlawanan Surya Paloh terhadap Jokowi semakin kuat. Terlebih setelah mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden usungannya.


Kendati begitu, NasDem sendiri memiliki permasalahan sendiri di dalam partainya, terutama soal elektabilitas partai yang goncang semenjak mendeklarasikan Anies.


"Jika itu terjadi, perlu dikaji apakah akan menaikkan elektabilitas NasDem? Tapi faktanya, apsca deklarasi Anies justru di internal Nasdem terjadi turbulensi meskipun Surya Paloh berusaha untuk mengendalikan perbedaan pandangan politi yang terjadi di internal," jelas Karyono.


Lebih lanjut, Karyono memprediksi Presiden Jokowi akan melakukan reshuffle kabinet dengan mengambil menteri dari luar partai politik koalisinya kali ini.


"Menurut saya, ada kemungkinan presiden berusaha memasukkan partai di luar pemerintahan untuk membangun keseimbangan kekuatan (balance of power)," pungkas Karyono.


Presiden Joko Widodo atau Jokowi irit bicara terkait rencananya akan melakukan perombakan kabinet atau reshuffle dalam waktu dekat. Ia hanya bisa tertawa ketika mendengar adanya isu bakal mereshuffle menteri dari Partai Nasional Demokrat atau NasDem.


Ketika ditanya soal itu oleh awak media, Jokowi hanya tertawa kecil. Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan dan MenPUPR Basuki Hadimuljono juga ikut tertawa mendengarnya.


"Sudah?," tanya Jokowi sembari tertawa di Stasiun Manggarai, Jakarta, Senin (26/12/2022).


Kemudian awak media juga kembali menodongkan kisi-kisi menteri yang bakal direshuffle olehnya. Lagi-lagi, Kepala Negara enggan memberikan jawaban.


"Cluenya? Ya, sudah," jawab Jokowi sembari meninggalkan para jurnalis.


Untuk saat ini terdapat tiga menteri yang berasal dari NasDem yakni Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (MenLHK) Siti Nurbaya Bakar dan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo.


Sumber Berita / Artikel Asli : Suara

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - GentaPos.com | All Right Reserved