Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Nah Kan! Sidak Heru Budi Dituding Cuma Akal-akalan Pejabat Terkait, Infonya Sudah Tersebar Duluan


 Belakangan ini sejak menjabat, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono beberapa kali melakukan inspeksi dadakan (sidak) ke beberapa lokasi.


Namun, sidak Heru dianggap hanya sekadar akal-akalan dari pejabat terkait.


Misalnya, seperti saat sidak ke uji kendaraan bermotor (KIR) di Unit Pengelola Pengujian Kendaraan Bermotor (UPPKB) Ujung Menteng, Jakarta Timur (Jaktim) pada Senin (26/12/2022) lalu.


Sidak ini berawal dari laporan Ketua LSM Sisir Benny Moniaga ke Pemprov DKI soal adanya pungutan liar (pungli) dan pengadaan mobil uji kendaraan.


Namun, Benny heran karena ia sendiri mendapatkan informasi soal adanya sidak yang seharusnya tak diketahui siapapun.


Bahkan, saat Heru datang sudah disambut Wali Kota Jaktim, Anwar; Kepala UPPKB Ujung Menteng, Edy Sufaat; dan jajaran pengamanan lainnya.


"Bukti di lapangan sudah diantisipasi dengan banyaknya Babinsa dan polisi serta Wali Kota saja tahu," ujar Benny saat dikonfirmasi, Senin (2/1/2023).


Ia pun menduga, sebenarnya sidak yang dilakukan Heru Budi hanya sekadar akal-akalan Kepala Dinas Perhubungan Syafrin Liputo dan Kepala UPPKB Ujung Menteng Edy Sufaat demi pencitraan kepada Heru.


"Itu hanya akal-akalan saja Kadis (Perhubungan) serta Kepala UPPKB Ujung Menteng Edy Sufaat untuk mengambil simpati Pj (Gubernur)," ucapnya. 


Untuk Pungli, Benny menyebut ada lokasi di sebelah masjid dekat UPPKB Ujung Menteng yang berisikan calo uji kendaraan.


Dengan membayar calo, maka masyarakat bisa dengan mudah lulus ujian KIR.


Namun, tempat ini tak didatangi Heru dan kegiatan Pungli disebut tidak ada.


"Masih banyak oknum jasa yang untuk bantu urus KIR dengan diminta sejumlah nominal untuk memuluskan uji KIR, dimana oknum jasa ada di sebelah kiri keluar mobil persis dekat masjid," jelasnya.


Karena itu, ia menilai sebenarnya sidak yang dilakukan Heru tidak bermanfaat karena hanya sekadar menyoroti soal operasionalnya saja.


Kegiatan Pungli ini disebutnya masih berlangsung sampai saat ini setelah disidak Heru.


"Iya (Pungli) masih ada. Bisa dilihat ke lapangan," katanya.


Sebelumnya, Heru Budi Hartono melalukan sidak ke lokasi uji KIR di UPPKB Ujung Menteng pada Senin (26/12/2022).


Kedatangannya bertujuan memastikan operasional lokasi uji KIR berlangsung aman.


Dalam sidak tersebut, Pj Gubernur Heru didampingi Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo, dan Wali Kota Jaktim M Anwar.


Sidak juga dilakukan untuk memastikan pelayanan berjalan optimal dan bebas dari pungli.


"Kami ingin memastikan semuanya (berjalan) secara 'on the track'. Tadi Pak Kepala UPPKB Ujung Menteng, Edy Sufa'at juga menjelaskan semuanya (berjalan) dengan sistem yang bisa meminimalisir pungli. Karena itu sidak ini kami lakukan, dan harus kita pastikan kerja ini harus profesional," ujar Heru di lokasi, Senin (26/12/2022).


Kemudian, Heru juga menyempatkan diri untuk berinteraksi dengan warga yang sedang melakukan uji kir.


Ia juga ingin menilai kinerja dari Tim UPPKB Ujung Menteng dari sudut pandang warga terkait etos kerja dan profesional dalam melayani uji kendaraan bermotor tersebut.


"Tadi saya tanya juga warga (yang melakukan uji kir), warga tersebut baik pemilik dan siapapun (hanya mengendarai) itu silakan saja. Terus warga yang mengurus di sini tidak harus turun dari mobil, jadi yang mengecek petugas. Ya sudah hal ini berjalan hingga selesai (pemeriksaan KIR)," ungkap Heru.


Demi pencegahan pungli, Heru juga meminta adanya penambahan kamera pengawas atau CCTV di ruang Kepala UPPKB Ujung Menteng.


"Karena transaksinya kan satu mobil (hanya boleh diisi) satu orang, terus petugas juga tidak komunikasi (secara langsung). Tadi saya minta sama Pak Kadishub, mungkin (perlu) ditambah CCTV, sehingga bisa dilihat di ruang kepala (UPPKB Ujung Menteng)," ucapnya.


Terkait upaya bebas pungli dalam kegiatan uji kir tersebut, biasanya tidak lepas dari adanya kemungkinan potensi pemberian izin lulus uji KIR kepada pemilik kendaraan yang tidak lulus.


Oleh karena itu, Heru mengingatkan kepada siapapun bahwa jika yang tidak lulus uji kir, akan ada kesempatan kembali untuk diuji hingga dinyatakan lulus.


"Bagi yang lulus alhamdulillah, namun bagi yang tidak lulus dikasih kesempatan satu kali lagi. Satu kali (pengulangan uji kir) maksimal dalam waktu 30 hari. Biasanya yang tidak lulus itu dari sisi apa? Kebanyakan alasannya rem (bermasalah), padahal untuk uji emisi rata-rata lulus," katanya.


Perlu diketahui, total kendaraan yang melakukan uji kir di UPPKB Ujung Menteng pada 26 Desember 2022 hingga pukul 13.00 telah mencapai 350 unit.


Angka ini melebihi rata-rata harian sekitar 300 unit kendaraan, dengan potensi ketidaklulusan kurang dari 10 persen.


Sumber Berita / Artikel Asli : Suara

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - GentaPos.com | All Right Reserved