Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Survei PWS: Gerindra Satu-satunya Partai dengan Sentimen Negatif Terendah

 




Lembaga survei Political Weather Stations (PWS) merilis hasil survei terbaru tentang elektabilitas partai politik setahun jelang Pemilu 2024, Minggu, (5/2/2023).



Hasilnya, Partai Gerindra menempati elektabilitas sebesar 15,6% dan terus bersaing untuk menjadi pemenang Pemilu 2024.


Elektabilitas Partai Gerindra semakin jauh meninggalkan mantan pemenang Pemilu 2004 (Partai Golkar) dan Pemilu 2009 (Partai Demokrat).


Menurut peneliti senior PWS, Sharazani V, Partai Gerindra di usianya yang menginjak 15 tahun selain mendapatkan kado elektabilitas yang terus meningkat, juga ditandai dengan kepercayaan publik yang semakin tinggi.


"Berdasarkan analisis media monitoring yang dilakukan PWS, Gerindra adalah satu-satunya partai yang memiliki sentimen negatif hanya satu digit alias terendah dalam dua minggu terakhir. Sentimen negatif Partai Gerindra hanya 6,6%, sementara semua partai besar lainnya (PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai Nasdem dan Partai Demokrat) memiliki sentimen negatif di atas 14%," ujar Sharazani.


Lanjutnya, Partai Gerindra dipersepsikan publik sebagai partai yang paling menjanjikan perubahan mengalahkan partai-partai yang bergabung dalam Koalisi Perubahan (Partai Nasdem, Partai Demokrat, dan PKS).


"Bagian terbesar publik atau 31,2 % responden mengaku tidak ada partai yang menjanjikan perubahan ke arah yang lebih baik terhadap Republik ini . Namun temuan menarik dari survei PWS kali ini adalah diantara 18 partai peserta Pemilu 2024, bukan partai-partai yang tergabung dalam Koalisi Perubahan (Nasdem, Demokrat dan PKS) yang dipersepsikan publik dapat menciptakan perubahan di Republik ini. Brand partai perubahan justru dilekatkan publik pada PDI Perjuangan (18,7 %) dan Partai Gerindra (14,5 %)," kata Sharazani.


Berikutnya dari 18 Partai Pemilu 2024, Partai Gerindra dipersepsikan sebagai partai yang paling peduli sama pertanian.


Sharazani mengatakan Sebanyak 14,8 % responden menilai Partai Gerindra peduli terhadap pertanian disusul PDI Perjuangan (13,9 %), Partai Golkar (9,6%), Partai Perindo (6,7%) dan partai - partai lainnya.


"Yang menarik dalam temuan PWS kali ini adalah hampir semua partai berbasis massa Islam dianggap kurang peduli terhadap masalah pertanian di negeri ini," kata Sharazani.


Survei PWS dilaksanakan pada tanggal 23-31 Januari 2023 di 34 Provinsi di seluruh Indonesia. Populasi dari survei ini adalah seluruh warga negara Indonesia yang sudah mempunyai hak pilih atau seluruh penduduk Indonesia yang minimal telah berusia 17 tahun dan/atau belum 17 tahun tetapi sudah menikah.


Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara tatap muka dengan pedoman kuesioner.


Responden terdistribusi 50 persen laki-laki dan 50 persen perempuan, serta 60 persen penduduk pedesaan dan 40 persen penduduk perkotaan.


Survei ini dilengkapi dengan analisis media monitoring untuk memperdalam trend sentimen publik terhadap partai politik setahun jelang Pemilu 2024.



Sumber Berita / Artikel Asli: Fajar

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - GentaPos.com | All Right Reserved