Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Tak Hanya Indonesia, Ini 4 Negara yang Pernah Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20


 FIFA secara resmi membatalkan status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Dilansir dari situs resmi FIFA, pembatalan itu sehubungan dengan Tragedi Kanjuruhan yang sampai sekarang belum tuntas. Selain itu, penolakan sejumlah tokoh terhadap keikutsertaan Timnas Israel disinyalir turut berkontribusi dalam mempengaruhi keputusan FIFA.

Tak lama setelah isu penolakan terhadap kehadiran Timnas Israel merebak, FIFA memutuskan membatalkan drawing yang sedianya akan dilaksanakan di Bali. Hal tersebut segera disusul dengan kepastian gagalnya Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20.

Indonesia bukan satu-satunya negara yang gagal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20. Sebelumnya, ada negara-negara yang tak dapat melanjutkan privilese mereka sebagai medan juang para atlet muda karena berbagai sebab.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah daftar negara yang batal jadi tuan rumah Piala Dunia U-20:

1. Nigeria (1991)

Negara pertama yang haknya sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 dicabut oleh FIFA adalah Nigeria. Pada awalnya, Nigeria memenangkan persaingan untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 1991. Namun, statusnya dicabut usai Federasi Sepakbola Nigeria (NFF) terbukti melakukan pemalsuan umur dalam Timnas Nigeria U-20.

Hal tersebut tak pelak membuat FIFA berang. Federasi sepak bola dunia itu pun lantas membatalkan status tuan rumah Nigeria dan menunjuk Portugal untuk menggantikan Nigeria sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 1991. Kompetisi tersebut diikuti 16 tim dan Portugal U-20 keluar sebagai juara setelah mengalahkan Brasil di final.

2. Yugoslavia (1993)

Piala Dunia U-20 1993 pada awalnya akan digelar di Yugoslavia. Namun, terjadi perang besar setelah konflik politik dalam negeri dan runtuhnya Uni Soviet. Alhasil, FIFA memindahkan tuan rumah ke Australia.

3. Nigeria (1995)

Dosa Nigeria ternyata masih diampuni. Mereka diberikan kesempatan kedua untuk menggelar Piala Dunia U-20 1995. Namun, rencana tersebut terpaksa harus kandas sebab tak lama jelang bergulirnya Piala Dunia U-20 1995, Nigeria diserang wabah meningitis. Nigeria menarik diri menjadi tuan rumahAlhasil, FIFA pun memindahkan medan pertandingan ke Qatar.

4. Irak (2003)

Irak adalah negara berikutnya yang terpaksa gagal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20. Pada awalnya tak ada yang salah dengan rencana helatan yang akan digelar pada 25 Maret-16 April 2003 tersebut. Namun, invasi militer Amerika Serikat di Irak membuat turnamen tersebut ditunda. FIFA lantas mengganti tuan rumah Piala Dunia U-20 2003 dari Irak ke Uni Emirat Arab.

Sumber Berita / Artikel Asli : tempo

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - GentaPos.com | All Right Reserved