Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Prabowo-Gibran Menguat, Golkar Siapkan Kartu Anggota AMPI

 

Teka-teki siapa bakal calon wakil presiden (bacawapres) pendamping Prabowo Subianto segera terkuak. Dalam satu dua hari ke depan, Prabowo bakal mengumumkan sosok yang dipilih.

"Kalau minggu depan sudah mendaftar,’’ ujar Prabowo, menjawab pertanyaan Jawa Pos (Group FAJAR) soal kapan akan mengumumkan bacawapresnya, dalam peringatan HUT Partai Golkar.

Pendaftaran bacapres-bacawapres akan berakhir pada 25 Oktober. Duet Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD telah mendaftar pada hari pertama Kamis, 19 Oktober lalu.

Prabowo mengaku, pihaknya masih menunggu Rapimnas Partai Golkar yang akan digelar hari ini, Sabtu, 21 Oktober. ’’Kita tunggu perkembangannya, ya,’’ ucapnya.

Saat didesak apakah Gibran Rakabuming Raka atau Erick Thohir yang dipilih, Prabowo memilih diam. Dia melenggang masuk ke mobilnya.

Sementara itu, Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani memastikan bahwa cawapres telah ditentukan. Tinggal menunggu pengumumannya.

’’Untuk pengumuman, menunggu semua (ketua partai anggota Koalisi Indonesia Maju/KIM) kumpul,’’ jelasnya seusai acara yang sama.

Muzani sempat melempar kode bahwa yang akan mendampingi Prabowo adalah figur muda dan berpengalaman di pemerintahan. Banyak yang kemudian mengaitkannya dengan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.

Nama Gibran menguat setelah putusan Mahkamah Konstitusi yang mengizinkan sosok yang belum berusia 40 tahun untuk mengikuti pilpres, asalkan berpengalaman menduduki jabatan yang dipilih melalui proses pemilihan. Tapi, di Solo kemarin Gibran menepis bahwa figur yang dimaksud adalah dirinya.

’’Kan tidak harus saya. Yang muda kan bukan cuma saya,’’ kata anak sulung Presiden Jokowi itu.

Partai Golkar selaku anggota KIM juga terkesan mendorong Prabowo agar memilih Gibran sebagai bacawapres.

Ketum Golkar Airlangga bahkan menyinggung soal dinasti politik berprestasi, seakan menjawab kritik terhadap Presiden Jokowi yang disebut tengah membangun dinasti politik.

Awalnya, Airlangga memperkenalkan anggota Golkar yang berusia di bawah 40 tahun. ’’Under 40 berdiri,’’ pintanya.

Setelah itu, Airlangga menyebut beberapa sosok. Salah satunya Bupati Tuban Aditya Halindra yang berusia 30 tahun. ’’Halindra ini anaknya Bupati Tuban 2000–2011 Haeny Relawati,’’ jelasnya.

Lalu, ada Roby Kurniawan berusia 30 tahun yang menjadi bupati Bintan. Roby merupakan anak Gubernur Kepri Ansar Ahmad yang dulu juga menjabat bupati Bintan.

’’Di Golkar banyak second generation dynasty. Kalau dinasti berprestasi itu dipilih rakyat,’’ ujarnya kepada Prabowo.

Setelah acara, Airlangga membenarkan bahwa bacawapres di KIM telah mengerucut ke satu nama. Tapi, dia enggan menyebutkannya.

’’Yang pasti, kita menghargai usia under 40. Golkar mendorong anak muda berprestasi, berdedikasi, loyal, dan tidak tercela,’’ paparnya.

Apalagi, under 40 tahun itu juga publicly elected official, sebagaimana disyaratkan MK dalam putusannya.

’’Tapi, apakah anak muda under 40 tahun akan dikaderkan dalam Rapimnas Golkar, kita tunggu besok (hari ini, Red). Termasuk soal Erick Thohir, Golkar sikapnya dalam Rapimnas Sabtu,’’ jelasnya.

Terkait kabar Gibran akan masuk ke Golkar melalui Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) Golkar, Airlangga mengaku telah ada komunikasi antara partai yang dia pimpin dengan Gibran.

’’Komunikasi sudah ada. Tunggu saja kelanjutannya,’’ paparnya tentang Gibran yang hingga kemarin masih tercatat sebagai kader PDIP.

Di sisi lain, Sekjen Partai Golkar Lodewijk Paulus bungkam terkait kabar bergabungnya Gibran. Begitu pula Ketua Dewan Pakar DPP Golkar Agung Laksono.

Padahal, dia sempat menyebut slot bacawapres KIM dari Partai Golkar, kalaupun bukan akan ’’di-Golkar-kan’’ dulu.

Salah satu petinggi Partai Golkar mengatakan, para Ketum partai politik KIM sebenarnya sepakat memilih Gibran sebagai bacawapres Prabowo. Memang, setiap parpol pengusung memiliki usul cawapres masing-masing. Misalnya, Partai Amanat Nasional yang mengusulkan Erick Thohir.

Tapi, lanjut politikus yang tak mau disebutkan namanya itu, semua partai sepakat menunjuk Gibran. ’’Gibran per hari ini (kemarin, Red),’’ terangnya.

Menurut politikus senior Partai Beringin itu, keputusan memilih Gibran tidak lepas dari faktor sang ayah, Jokowi. Dengan penunjukan Gibran, KIM berharap Jokowi mendukung Prabowo dalam pilpres tahun depan.

Terkait kepastian deklarasi Gibran sebagai bacawapres, sumber itu mengatakan, hal itu akan diketahui dalam Rapimnas Golkar yang digelar hari ini. Yang pasti, pengumuman cawapres dilaksanakan dalam waktu dekat karena pasangan capres-cawapres KIM harus segera didaftarkan ke KPU.

Sumber Berita / Artikel Asli : fajar

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - GentaPos.com | All Right Reserved