Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Bawaslu RI Gelar Apel Siaga Pengawasan Tahapan Kampanye Pemilu 2024 di Monas

Artikel

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menggelar apel siaga pengawasan tahapan Kampanye Pemilu tahun 2024 di Monas, Jalan Medan Merdeka, Jakarta Pusat pada Minggu (26/11/2023).

Berdasar pantauan tim tvOnenews.com di lokasi, apel tersebut dipimpin oleh Ketua Bawaslu RI, Rahmat Bagja. Tampak Bagja mengenakan kemeja putih dibalut rompi cokelat dan topi hitam berlogo Bawaslu.

Apel siaga ini dihadiri oleh peserta yang merupakan ketua dan anggota Bawaslu RI beserta jajaran Bawaslu tingkat provinsi, kabupaten, dan kota se-Indonesia.

Selain itu, tampak hadir Menteri Komunikasi dan Informasi, Budi Arie Setiadi turut mengikuti rangkaian apel siaga.

Adapun apel dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan dilanjut mars Bawaslu.

Apel ini merupakan bagian dari rangkaian acara Konsolidasi Nasional (Konsolnas) pengawasan tahapan kampanye pemilu oleh Bawaslu RI. Konsolnas ini telah dimulai sejak Jumat 24 November 2023 hingga Minggu 25 November 2023 ini.

Dalam sambutannya, Bagja mengingatkan perlu kesiapan untuk mengawasi tahapan Pemilu 2024 yang tak lama akan memasuki masa kampanye.

Bagja pun meminta jajaran pengawas pemilu berpegang teguh menjaga integritas dan netralitas.

"Kapan saat pengawas pemilu itu tidak netral? Hanya saat masuk ke bilik suara saat 14 Februari 2024 untuk memberikan hak suaranya. Keluar dari bilik suara (TPS) sudah harus berlaku netral lagi. Ini juga termasuk untuk ASN (aparatur sipil negara)," ucapnya.

Selain itu, ia juga mengingatkan agar para anggotanya dapat memanfaatkan teknologi, saat melakukan pengawasan.

Bahkan, Bagja menyebut, jajaran pengawas pemilu di daerah membuat strategi khusus pada pengawasan kampanye di media sosial.

"Identifikasi tagar populer, akun-akun yang berpotensi menyebarkan informasi palsu, dan tren yang mungkin perlu disebarluaskan," ujar dia.

Lanjut Bagja mengingatkan agar anggotanya menjaga stamina dan kesehatan dalam masa krusial menjadi pengawas pemilu saat ini.

Apel siaga yang digelar saat ini, lanjutnya, merupakan pengingat agar semakin menjaga semangat mengawasi pemilu yang memberikan keadilan dan proses demokrasi yang sehat.

Sebagai informasi, KPU RI telah menetapkan jadwal kampanye Pemilu 2024 akan dilaksanakan pada 28 November 2023 sampai 10 Februari 2024.

KPU juga mengatur jadwal kampanye Pilpres jika terjadi putaran kedua, yaitu pada 2-22 Juni 2024.

Sumber Berita / Artikel Asli : tvone 

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - GentaPos.com | All Right Reserved