Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Stadion di Sudiang Bakal Terhubung dengan Tol Mamminasata, Dilengkapi 3 Jembatan

 

 Stadion yang akan dibangun di Sudiang, Kecamatan Biringkanaya, Kota Makassar, Sulawesi Selatan bakal terintegrasi dengan Tol Mamminasata. 

Plh Bappelitbangda Sulsel, Andi Bakti Haruni menyatakan, Tol Mamminasata akan terintegrasi dengan stadion dan tiga jembatan untuk kawasan industri.

“Kita kemarin diskusi dengan presiden berkembang ke kawasan industri Takalar, dan akan dibangun 3 jembatan untuk memfasilitasi kawasan industri takalar, jadi ini akan terintegrasi ini jalan tol, dan ini akan menarik investor untuk membangun ini jalan,” kata Bakti, belum lama ini.

Dia memastikan bahwa stadion yang akan dibangun di Sudiang tidak akan lagi bermasalah. Pasalnya, yang menjadi perdebatan saat ini karena lokasi stadion berdekatan dengan Bandara Sultan Hasanuddin.

“Kemudian terkait dengan stadion, menjadi perdebatan adalah soal bandara, kemarin sudah dikaji oleh tim nya pak Danny ini tidak mengganggu fungsi bandara,“ tandasnya. 

Diketahui, proyek Bypass Mamminasata dimulai sejak tahun 2015 sebagai PSN. Namun, sempat mandek pada tahun 2018.

Proyek dengan panjang 48,12 kilometer ini diketahui dicoret dari daftar PSN. Proyek infrastruktur kawasan aglomerasi Sulsel ini dicoret karena dinilai sulit rampung di 2024. Kini berubah menjadi Tol Mamminasata.

Namun, pembangunannya tetap dilanjutkan. Pada November 2022 lalu, berkontrak sepanjang 13,750 km. 

Kepala Satker PJN III BBPJN Sulsel Malik mengatakan, target yang bisa dituntaskan hingga berakhirnya masa kontrak 2024 hanya 3,9 km untuk dua segmen pengerjaan. Di mana akan dibangun juga sebanyak dua jembatan. 

Sementara itu, Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Kadispora) Sulsel, Suherman, mengungkapkan, Pemprov Sulsel sudah merampungkan semua administrasi yang dibutuhkan. Mulai dari sertipikat tanah, sampai pada administrasi lainnya. 

"Ini sudah kami tanyakan dan kami sudah pegang. Apa-apa yang dibutuhkan, tinggal menunggu perintah. Begitu ada perintah dari pusat tentang pembangunan stadion, administrasi kita sudah siap," ungkap Suherman.

Terkait lahan, Suherman mengatakan sudah clean and clear. Saat ini, sementara mempersiapkan dokumen amdal-nya.

Pihak-pihak sudah berkoordinasi dengan berbagai pihak mulai dari Kementerian PUPR, PUPR Provinsi Sulsel, Balai PUPR Provinsi Sulsel, Dinas Perhubungan Sulsel, Biro Hukum Pemprov Sulsel dan sejumlah pihak lainnya.  

Pemprov semakin mantap membangun stadion bertaraf Internasional di luas area 74 hektare di Sudiang. 

Sumber Berita / Artikel Asli : fajar

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - GentaPos.com | All Right Reserved