Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Jadi Polemik Usai Nadiem Otak-atik Aturannya, Begini Sejarah Pramuka Dunia hingga Masuk ke Indonesia

 

Dalam sepekan ini, polemik terkait kebijakan ekstrakurikuler pramuka tak lagi diwajibkan tetapi bersifat sukarela, masih jadi bahasan hangat publik. Tetapi, tahukah Anda bagaimana sejarah munculnya gerakan pramuka?

Dari penelusuran fajar.co.id, terungkap bahwa Robert Baden-Powell adalah Bapak Pramuka (Pandu) Sedunia, sedangkan Sri Sultan Hamengkubuwono IX dikenal sebagai Bapak Pramuka Indonesia. Kehadiran Pramuka di Indonesia sendiri tak lepas dari perjuangan tokoh-tokoh di baliknya.

Sri Sultan Hamengkubuwono IX mencetuskan kata Pramuka yang merupakan singkatan dari Praja Muda Karana. Ada pun sejarah Bapak Pramuka Indonesia dan tokoh-tokoh penting di balik gerakan kepanduan ini, dihimpun dari berbagai sumber.

Setiap tanggal 12 April diperingati sebagai Hari Bapak Pramuka Sedunia. Tanggal itu dipilih berdasarkan tanggal lahir Sri Sultan Hamengkubuwono IX.

Hari Bapak Pramuka Indonesia diperingati untuk mengapresiasi peran serta dedikasi Sri Sultan Hamengkubuwono IX dalam Kepramukaan di Indonesia.

Dilansir dari situs Pramuka UAS, Sri Sultan Hamengkubuwono IX lahir pada 12 April 1912 di Yogyakarta dengan nama Gusti Raden Mas Dorojatun.

Hamengkubuwono IX merupakan putra dari Sri Sultan Hamengkubuwono VIII dan Raden Ajeng Kustilah atau Kanjeng Ratu Alit.

Pramuka merupakan organisasi nonformal atau gerakan kepanduan tertua yang memiliki sejarah panjang.
Tak hanya di Indonesia, gerakan pramuka tumbuh di banyak negara dan dilaksanakan di hampir seluruh belahan dunia.

Dilansir dari Scout, sejarah Pramuka dunia berdiri pada 25 Juli 1907 dan digagas oleh Robert Stephenson Smyth Baden Powell atau lebih dikenal Sir Robert Baden Powell.

Meski awalnya hanya terbentuk dari kegiatan perkemahan kecil, pramuka berkembang menjadi organisasi besar mendunia.

Sejarah pramuka, baik di Indonesia maupun dunia tidak dapat dipisahkan dari sosok Baden Powell yang tak lain adalah pendiri gerakan pramuka, yang juga dikenal sebagai Bapak Pramuka Dunia.

Dimulai saat Sir Robert Baden Powell saat itu menjabat sebagai Letnan Jenderal militer Inggris.

Dikarenakan minatnya dalam dunia militer cukup besar, Baden Powell berinisiatif membuat kelompok pemandu kecil dengan anggota para kaum muda.

Setelah Perang Dunia I, ia mulai mengelola Aids to Scouting untuk anak muda sehingga memutuskan mengadakan kegiatan perkemahan pertamanya selama delapan hari.

Perkemahan pertama itu berlangsung di sebuah pulau besar yaitu Pulau Brownsea, Pelabuhan Poole, Dorset, Inggris.

Perjalanan sejarah Pramuka dunia yang bermula dari Inggris ini ternyata membuka peluang besar untuk terus dikembangkan.

Pada 1920, Jambore pertama diselenggarakan dan berlangsung di Pulau Brownsea yang mengundang semua anggota kepanduan dari berbagai dunia.

Setelah pelaksanaan Jambore pertama, terbentuklah World Organization of the Scout Movement (Organisasi Gerakan Pramuka Sedunia).

Kantor sekretariatnya berada di Kota London, Inggris. Namun pada 1968 kantor tersebut pindah ke Geneva, Swiss.

Kegiatan kepramukaan masuk ke Indonesia pertama kali pada 1923 yang kantornya berpusat di Batavia (Jakarta) dan Bandung, dan dibawa oleh kawanan Belanda.

Pada 26 Oktober 2010, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) mengesahkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka.

Sesuai UU maka Pramuka bukan lagi satu-satunya organisasi yang boleh menyelenggarakan pendidikan kepramukaan. Organisasi profesi diizinkan melakukan kegiatan kepramukaan.

Demikianlah sejarah pramuka dunia dan di Indonesia. Hingga saat ini, gerakan pramuka banyak diterapkan di setiap sekolah di seluruh dunia.

Sumber Berita / Artikel Asli : fajar

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - GentaPos.com | All Right Reserved