Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Mahasiswa TPT M Dan Warga Bangun Hunian Sementara Korban Gempa Cianjur Dari Material Daur Ulang

  



30 Desember 2022 - Pasca Gempa Bumi Cianjur Mahasiswa dan warga lakukan recovery bersama, dengan mendaur ulang bekas reruntuhan bangunan yang bisa digunakan kembali. 


Pak Acing yang merupakan warga Desa Sukamanah RT 02 RW 06 Kp. Babakan Cadot , Kecamatan Cugenang Kabupaten Cianjur. Membuat hunian sementara (Huntara) tenda dari terpal dan bambu. 


Pak Acing menerangkan, bahwa awal mula pembuatan rumah hunian sementara menggunakan material bekas reruntuhan rumah yang bisa dipakai kembali. 


"Saya membangun Huntara ini dengan mengumpulkan bekas genteng, kayu dan bilik. Saya juga memilah paku yang masih kuat untuk di gunakan kembali," terang pak acing, Kamis, (29/12/22). 


"Sebelumnya memang ada bantuan dari Donatur untuk warga sini berupa uang 300 Ribu Rupiah untuk pembelian terpal," tambah pak acing. 


Lanjut pak Acing, ada pula dari mahasiswa TPT M (Tridharma Perguruan Tinggi Mengabdi) yang juga turut memberikan bilik tambahan untuk bagian samping dan belakangan huntara. Sebelumnya memang ada bantuan dari Donatur untuk warga sini berupa uang 300 Ribu Rupiah untuk pembelian terpal," ujar pak acing. 


"Harapan saya semoga untuk pembangunan ini menjadi tempat huni sementara yang lebih nyaman, sebab  proses pembangunan tidak mungkin selesai dalam waktu sebulan. Jadi sambil menunggu biaya yang cukup untuk membangun kembali rumah, saya rasa dengan adanya hunian sementara seperti ini bisa membuat nyaman," tutup pak acing. 


Farhan perwakilan mahasiswa dari TPT M juga menambahkan, "ketika kami melakukan giat pembersihan puing-puing pada Rt/Rw 02/06, Kp Babakan Cadot, Desa sukamanah. Kami melihat salah satu warga bernama pak acing sedang melakukan proses pendaur ulangan puing-puing yang masih layak pakai untuk digunakan kembali," ucap farhan. 


Tambahnya, saya melihat kombinasi terpal dengan bekas puing rumah untuk menjadi bahan material hunian sementara dan ini menjadi program kami yang kami namakan penyempurnaan huntara sederhana selain program kami pembangunan rumah berkelanjutan.

30 unit yang akan terbangun akan menjadi sampling dalam kegiatan sosial TPT M. 



"Apa yang dilakukan pak acing dalam proses pembuatan huntara ini menginspirasi bagi kami, untuk melakukan elaborasi huntara yang ada dengan menambahkan bahan material berupa bilik bambu,"  dan ini menjadi program kami yang kami namakan penyempurnaan huntara sederhana selain program kami pembangunan rumah berkelanjutan.


30 unit yang akan terbangun akan menjadi sampling dalam kegiatan sosial TPT M, papar farhan. 




"Saya rasa ini bisa menjadi inspirasi dan motivasi bagi masyarakat lainnya, untuk mendaur ulang kembali bekas puing-puing rumah yang masih layak pakai agar digunakan sebagai huntara. sehingga huntara menjadi lebih efektif untuk dihuni," tandas Anggit perwakilan BEM Se Riau.



Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - GentaPos.com | All Right Reserved