Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

KIB Harus Segera Umumkan Capres 2024, Tahun 2023 Waktu yang Tepat


 Sejak terbentuk hingga awal tahun 2023, Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) belum juga mengumumkan calon presiden (capres) yang diusung dalam Pilpres 2024. Padahal koalisi yang digagas Golkar, PPP dan PAN ini bisa mengusung calon sendiri dalam ajang pemilihan Presiden ini.


Direktur Eksekutif Centre for Indonesia Strategic Actions (CISA) Herry Mendrofa mengungkapkan KIB patut segera mengumumkan calon presiden (capres) yang bakal didukung pada Pilpres 2024. Hal itu mempertimbangkan waktu yang tersedia bagi sosialisasi dan kampanye capres.


"2023 adalah waktu yang cukup tepat untuk mengumumkan calon atau kandidat yang akan diusung karena bertepatan dengan waktu pengusungan dan juga waktu untuk kampanye," kata Herry kepada wartawan dikutip Rabu (4/1/2023).


Baca Juga: PDIP Tak Mau Buru-buru Umumkan Capres-Cawapres, Megawati Tunggu Waktu yang Tepat 


Herry menilai akan ada konsekuensi jika KIB lambat dalam penentuan capres. KIB akan menelan kerugian jika tidak segera bergerak maju dan memanfaatkan waktu.


"Kalau sudah mepet, itu tentu juga akan merugikan KIB. Sehingga dibutuhkanlah waktu yang tepat untuk menentukan siapa calonnya," beber dia. 


KIB bisa memaksimalkan efek ekor jas (coattail effect) dengan segera mengumumkan capresnya.


“Karena ini juga akan menentukan bagaimana ke depan, calon tersebut akan memberikan cocttail effect terhadap parpol yang ada di KIB," pungkasnya.


Sementara, Pengamat politik dari Universitas Diponegoro, Teguh Yuwono mengatakan, KIB masih akan terus melakukan ‘bongkar pasang’ sampai dengan awal pendaftaran Capres - Cawapres.


KIB yang digawangi oleh Partai Golkar, PPP dan PAN, meski suaranya mencukupi presidential threshold, namun belum memiliki sosok internal yang kuat.


“Belum ada tokoh Golkar yang mendapat dukungan lintas partai sebagaimana Prabowo dan Ganjar. Jadi sulit mendominasi wacana politik saat ini,” ucap Teguh.


Sumber Berita / Artikel Asli : INDOZONE

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - GentaPos.com | All Right Reserved