Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Tafsir Projo soal Postingan Jokowi 'Mari Melangkah Menuju Indonesia Maju'

 




Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunggah karikatur 'melangkah menuju Indonesia Maju' jelang Rabu Pon 1 Februari 2023. Ketua Umum Relawan Pro Jokowi atau Projo, Budi Arie Setiadi, menyebut unggahan Jokowi merupakan bahasa simbolik terkait reshuffle.


"Itu bahasa simbolik. Reshuffle itu kan keperluan untuk peningkatan kinerja pemerintah tapi tetap mempertimbangkan keseimbangan politik," kata Budi Arie saat dikonfirmasi, Senin (30/1/2023).


Budi Arie menekankan reshuffle kabinet merupakan hak prerogatif Presiden Jokowi. Namun, dia yakin soliditas pemerintah dibutuhkan untuk menghadapi berbagai tantangan di dalam dan luar negeri.


"Soliditas dan kesatuan pemerintahan juga penting untuk menghadapi berbagai tantangan dan dinamika global ke depan," imbuh dia.


Unggahan Jokowi


Jokowi mengunggah karikatur ini di media sosialnya seperti Twitter dan juga Instagram, Senin (30/1/2023). Karikatur ini menampilkan sosok Jokowi dengan mahasiswa, pelajar, polisi, pemadam kebakaran, juru masak atau chef, hingga petani. Sosok-sosok tersebut melambaikan tangannya. Selain itu, karikatur tersebut turut memuat gambar istana di IKN, mobil listrik, hingga GBK.


"Selamat pagi. Mari bersama melangkah menuju Indonesia Maju," kata Jokowi dalam unggahannya.


Biasanya, Jokowi mengunggah karikatur dalam hari atau momen tertentu. Pada 28 Oktober 2022 contohnya, Jokowi mengunggah karikatur beserta pesan di Hari Sumpah Pemuda.


Meski demikian, tidak diketahui apa maksud Jokowi mengunggah karikatur 'menuju Indonesia Maju' hari ini, jelang Rabu Pon. detikcom sudah mencoba menghubungi pihak Istana perihal karikatur Jokowi namun belum mendapatkan jawaban.


Dalam catatan pemberitaan detikcom, Jokowi tercatat beberapa kali mengunggah foto ataupun gambar yang mirip-mirip kode di tengah kencangnya isu reshuffle.


Selasa (22/12/2020), Jokowi mengunggah foto ilustrasi rel kereta api dengan pemandangan matahari terbit. Jokowi bicara 'pelajaran' dari masa lalu dan tekad menatap harapan baru.


"Yang lalu biarlah berlalu, menjadi kenangan, juga pelajaran. Kita menatap hari esok dengan tekad, semangat, dan memancang harapan yang baru," tulis Jokowi.


Dalam foto itu, terdapat tulisan berwarna putih yang berbunyi, 'yang baru... harus lebih baik!'. Posting-an Jokowi ini makin memantik bahwa pengumuman reshuffle kabinet segera disampaikan kepada publik.


Sejumlah politikus dan relawan Jokowi saat itu menyebut Presiden tengah memanggil calon-calon menteri barunya. Pelantikan menteri-menteri baru dilakukan esok hari.


Pada Jumat (11/10/2019), Jokowi tercatat mengunggah foto gagang telepon tergantung dua warna menjelang pengumuman menteri. Jokowi mengunggah foto gagang telepon disertai kalimat 'sabar sebentar lagi' saat berbicara tentang nama-nama menteri kabinet untuk pemerintahan periode 2019-2024. Jokowi menegaskan susunan kabinet sudah rampung.


Sumber Berita / Artikel Asli: detik



Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - GentaPos.com | All Right Reserved