Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Cuma Gubernur Bali Yang Punya Nyali Luar Biasa Tolak Penjajah Israel di Ajang World Beach Games 2023




 Kabar yang mengejutkan datang dari Bali Gubernur Bali Wayan Koster memastikan siap membatalkan pergelaran ANOC World Beach Games 2023 pada Agustus sebagai bentuk penolakan kehadiran kontingen Israel.

Diketahui sebelumnya, Sebelumnya Israel Timnas Israel U20 ditolak mentah-mentah kedatangan di Piala Dunia U20 2023 mendatang yang membuat Piala Dunia U20 batal digelar di Indonesia.

Memanh. tidak ada undang-undang yang secara tegas melarang datangnya atlet nasional Israel ke Indonesia.

Akan tetapi, Peraturan Luar Negeri nomor 3 tahun 2019 Pasal 151 menyebut kontingen Israel tidak boleh menggunakan bendera dan menyanyikan lagu kebangsaan di Indonesia.

Mengutip dari Kanal Youtube KompasTV Bali Gubernur Bali Wayan Koster menolak kontingen Israel yang akan hadir di ANOC World Beach Games Bali pada 5-12 Agustus 2023. 

Menurutnya, penolakan itu berdasarkan amanat Konstitusi Republik Indonesia dan Peraturan Menteri Luar Negeri (Permenlu).

Koster mengungkapkan, di dalam permenlu disebutkan bahwa Indonesia tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel.

Dalam Permenlu itu juga tertuang larangan pengibaran atau penggunaan bendera, lambang, atribut lainnya, dan pengumandangan lagu kebangsaan Israel di Indonesia.

Pagelaran World Beach Games 2023 di Bali terancam batal setelah Bali Gubernur Bali I Wayan Koster menolak kontingen Israel dalam ajang multicabang tersebut.

Pada Rabu (5/4), Wayan Koster kembali membuat pernyataan penolakan terhadap kedatangan Israel di Bali. 

Hal ini bukan kali pertama I Wayan Koster menolak atlet Israel sebelumnya coaster juga menentang Israel Timnas Israel di Piala Dunia u-2023 penolakan itu diduga menjadi penyebab FIFA membatalkan drawing Piala Dunia U-2023 yang dijadwalkan diselenggarakan di Bali.

Tak lama kemudian FIFA mengeluarkan pernyataan resmi bahwa Indonesia dicabut sebagai tuan rumah piala dunia U20 2023.

Adapun atlet Israel dipastikan berpartisipasi pada ajang ANOC World Beach Games 2023 di Bali pada 5 hingga 12 Agustus mendatang.

Hal itu diketahui dari hasil di babak kualifikasi dalam cabang olahraga renang perairan terbuka outlet yang mewakili Israel berhasil melangkah dari babak kualifikasi ke ajang ANOC World Beach Games 2023.

"(Berpatokan) pada konstitusi, yang kedua dasarnya adalah Peraturan Luar Negeri nomor 3 tahun 2019. Sebagai suatu entitas sendiri karena diatur dalam peraturan menteri luar negeri, tidak boleh menyampaikan lagu kebangsaan (Israel)," kata Koster kepada media, di Pura Besakih, Karangasem, Bali. 

"Jadi saya tetap menolak kehadiran Israel di Bali, termasuk di ANOC World Beach Games mendatang," ujarnya menambahkan.

Sebelumnya Wayan Koster menolak Israel hadir di Pulau Dewata jelang drawing Piala Dunia U-20 2023. Penolakan Koster itu berbuntut panjang.

Selain pembatalan drawing Piala Dunia U-20 2023 oleh FIFA, hak tuan rumah Indonesia untuk turnamen tersebut juga dibatalkan badan sepak bola dunia itu.

Kini Koster menyatakan sikap serupa dengan menolak Israel. Nasib World Beach Games 2023 yang hanya berjarak empat bulan lagi pada 5-12 Agustus mendatang pun jadi tanda tanya.

Merujuk pernyataan Koster yang berpegang pada Peraturan Luar Negeri nomor 3 tahun 2019, kontingen Israel ini diminta tidak menggunakan bendera dan menyanyikan lagu kebangsaan. 

Syarat tersebut digunakan pada ajang Piala Dunia Menembak Rifle Pistol ISSF 2023 di Jakarta, Januari-Februari lalu.

Dalam kejuaraan itu penyelenggara menerima atlet Israel dengan syarat tidak menggunakan bendera dan menyanyikan lagu kebangsaan.

Apabila kontingen Israel menerima syarat tersebut dan diizinkan Asosiasi Komite Olimpiae Nasional (ANOC) dan juga Komite Olahraga Internasional (IOC), bukan tidak mungkin atlet Israel bisa tampil di World Beach Games 2023.

Hanya saja, apabila tidak ada titik temu dari pihak-pihak tersebut setelah penolakan pemerintah daerah selaku 'pemilik' wewenang dari daerah penyelenggara, kans World Beach Games 2023 batal terbuka.

Sayangnya kondisi itu tidak berlaku di Piala Dunia U-20 2023. FIFA yang menginginkan kesetaraan kepada seluruh anggota dan juga peserta turnamen, tidak mengizinkan syarat tertentu dalam penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2023.

"Kita sangat menyayangkan, kondisi-kondisi atau syarat-syarat yang kita ajukan ke FIFA kelihatannya tidak mendapatkan kesepakatan," kata Muhadjir Effendy saat masih menjabat Plt Menpora, akhir Maret.

Sumber Berita / Artikel Asli : haluan

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - GentaPos.com | All Right Reserved