Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Bursa Cagub Sulsel, Nasdem Dorong Kader, Gerindra Condong ke Andalan, Golkar Bertabur Tokoh

 

Partai-partai di Sulsel mulai menatap pilkada serentak 2024. Torehan kursi yang sudah bisa dilihat partai sudah bisa dijadikan acuan melangkah ke pilkada.

Partai Nasdem misalnya, yang telah memastikan mengunci 17 kursi DPRD Sulsel. Tak hanya itu, Nasdem juga menjadi ketua DPRD di 11 daerah dan 9 wakil ketua.

Sekretaris DPW Nasdem Sulsel, Syaharuddin Alrif dengan torehan ini, Nasdem bisa mengusung calon gubernur sendiri.

"Pencapaian luar biasa di DPRD Provinsi, kita dapat 17 kursi. Bisa mengusung sendiri untuk calon Gubernur Sulsel," ucap Syahar, Senin, 4 Maret 2024.

Wakil Ketua DPRD Sulsel itu menyebut sebelumnya Nasdem hanya meraih 102 kursi di 24 kabupaten kota. Namun, di 2024 ia memastikan anggota DPRD kabupaten Nasdem sebanyak 148 anggota di seluruh Sulsel.

Ketua DPW Nasdem Sulsel, Rusdi Masse Mappasessu (RMs) juga mengungkapkan bahwa capaian kursi Nasdem ini bisa menjadi modal untuk maju di Pilgub Sulsel November mendatang.

"Jadi setelah melihat hasil, Insyaallah dengan kerja keras dan perjuangan teman-teman, kakak-kakak semua di Nasdem, jangankan pilkada kabupaten kota, Pilgub pun terbuka ruang bagi kita untuk menjadi pemenang," kata RMS, Minggu, 3 Maret.

Mantan Bupati Sidrap dua periode sudah memberikan sinyal untuk mendorong kader ke Pilgub Sulsel. Meski demikian, dia menekankan bahwa belum ada yang ditetapkan untuk diusung.

"Kita baru berpikir yah untuk usung kader di Pilgub," kata RMS.

Namun, sejumlah nama kader potensial Nasdem telah mencuat. Salah satu yang diunggulkan yaitu Rusdi Masse sendiri, kemudian ada nama Fatmawati Rusdi, dan Syaharuddin Alrif.

Partai Gerindra yang juga telah mengklaim mengamankan 13 kursi menuju 14 juga mulai menatap Pilgub Sulsel. Meskipun figur yang diusung masih menunggu arahan Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto. Hal ini diungkapkan Sekretaris DPD Gerindra Sulsel, Darmawansyah Muin.

"Saat ini memang sudah ada, tapi penentuanya ada pada ketua umum. Nanti kita lihat, apakah setelah penetapan KPU apakah beliau yang akan menetapkan sendiri calon gubernur atau diserahkan sekjen atau ketua Bappilu," jelasnya.

Wakil Ketua DPRD Sulsel itu menekankan bahwa Gerindra tak kekurangan figur. Dia juga tak menampik jika Gerindra bisa saja mengusung mantan Gubernur Andi Sudirman Sulaiman karena menjadi bagian tim pemenangan Prabowo-Gibran di Sulsel Pilpres.

“Kan Pak Amran Sulaiman ada di tim kita 02," katanya.

Namun, Darmawansyah juga menekankan bahwa Gerindra memiliki Andi Iwan Aras sebagai Ketua DPD Gerindra Sulsel yang juga potensi diusung.

"Ini semua akan dibicarakan di elite partai. Andi Sudirman boleh. Andi Iwan juga boleh. Tapi apakah Andi Iwan mau meninggalkan kursinya untuk maju di gubernur, ini masih pertanyaaan. Semuanya akan terjawab setelah penetapan KPU,” terang
pria yang akrab disapa Wawan itu.

Sementara itu, Golkar sudah jauh hari sudah menyiapkan sejumlah kadernya untuk bertarung. Setidaknya ada lima nama yang telah diberikan SK dari DPP Golkar untuk maju.

Nama-nama itu adalah Ketua Golkar Sulsel Taufan Pawe, Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan, Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani, mantan Wali Kota Makassar Ilham Arief Sirajuddin, dan Wakil Ketua DPP Golkar Nurdin Halid (NH).

PDIP juga tak kehilangan kursi. Saat ini ada nama Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto alias Danny Pomanto.(*)

Bursa Calon Gubernur Sulsel

Nasdem

  1. Rusdi Masse Mappasessu
  2. Fatmawati Rusdi
  3. Syaharuddin Alrif

Gerindra

  1. A Iwan Darmawan Aras
  2. A Sudirman Sulaiman

Golkar

  1. Taufan Pawe
  2. Nurdin Halid
  3. Ilham Arief Sirajuddin
  4. Adnan Purichta Ichsan
  5. Indah Putri Indriani

PDIP

  1. Moh Ramdhan Pomanto.

Sumber Berita / Artikel Asli : fajar

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - GentaPos.com | All Right Reserved