Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Anies Termasuk? Mahfud Sebut Tidak Ada Kepala Daerah yang Tidak Dibiayai Cukong: Sebagus Apapun Ada yang Biayai


 Menko Polhukam Mahfud MD menyebut tidak ada kepala daerah yang tidak dibiayai cukong dalam proses pemilihannya. Apakah Anies Baswedan termasuk? 

Hal tersebut disinggung oleh Mahfud MD ketika memberikan ceramah di Masjid Kampus UGM dengan tema ‘Pemugaran Partai Politik Sebagai Instrumen Kaderisasi Kepemimpinan’. 

Dalam ceramah pada Minggu (2/4/2023) itu, Mahfud menyebut bahwa demokrasi yang ada di Indonesia adalah demokrasi uang.

Untuk menjadi kepala daerah yang dipilih secara langsung oleh rakyat, pasti ada cukong yang membiayai terlepas dari sebagus apapun kapasitas calon kepala daerah tersebut.

sementara itu, pendukung Anies Baswedan kerap berkoar-koar bahwa Anies merupakan pemimpin yang sama sekali tidak terlibat dengan oligarki atau cukong.

“Saya bilang Indonesia itu demokrasi uang, mau jadi kepala daerah tidak ada yang tidak di biayai oleh cukong, sebagus apa pun ada yang biayai,” ujar Mahfud, dikutip WE NewsWorthy dari kanal YouTube Masjid Kampus UGM pada Senin (10/4/2023).

Sayangnya, hal tersebut tentu berimbas pada pemerintahan kepala daerah terpilih yang rentan tersandera kepentingan cukong-cukong yang membiayainya.

“Ketika kepala daerah dipilih oleh cukong, dia diminta untuk membebaskan konsesi, pengeluaran izin, tender perusahaanya harus dimenangkan dan seterusnya-seterusnya,” jelas Mahfud MD.

Akibatnya, banyak muncul usaha-usaha ilegal seperti pertambangan liar yang menimbulkan masalah di kemudian hari dan merugikan negara.

Mahfud juga menyinggung Indeks Persepsi Korupsi (IPK) Indonesia terbaru yang menurun drastis dari 38 menjadi 34. Hal itu juga merupakan imbas dari praktik demokrasi uang ini.

Sumber Berita / Artikel Asli : NW Wartaekonomi

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - GentaPos.com | All Right Reserved